Rabu, 05 November 2014

Teknik Pencabangan Select Case



Teknik pencabangan If --- then --- end if dan If --- then --- else --- end if akan efektif jika pilihannya ada dua. Misalnya : Ke kiri atau berhenti, ke kiri atau pesan dan yang sejenisnya.
Tetapi untuk pencabangan yang pilihannya banyak misalnya lebih dari 50, pemakaian If --- then --- end if dan If --- then --- else --- end if akan melelahkan dan beresiko memiliki kesalahan.
Solusi VBA Excel untuk pencabangan dengan banyak pilihan adalah dengan menggunakan perintah Select Case ---- End Select.
Sebagai perbandingan, berikut ini adalah sebuah contoh yang menyatakan sebuah angka dengan abjadiyah. Agar persoalan nampak sederhana, kita nyatakan empat angka saja ke dalam abjadiyah. Misalnya :
Angka 0 dinyatakan sebagai Nol
Angka 1 dinyatakan sebagai Satu
Angka 2 dinyatakan sebagai Dua
Angka 3 dinyatakan sebagai Tiga
Selain angka 0, 1, 2, dan 3 maka dinyatakan Error.
Lihat tabel di bawah ini :



Sebelum membuat program, terlebih dahulu dibuat Flowchart nya sebagai berikut :


Bagan di atas kita buatkan programnya dengan Teknik Pencabangan If --- Then --- Else --- End If sebagai berikut :


Dengan Teknik Pencabangan If --- Then --- End If, ternyata diperlukan skrip pemrograman yang panjang. Sehingga diperlukan cara lain agar program tidak terlalu panjang. Cara lain itu adalah Teknik Pencabangan Select Case. Programnya adalah sebagai berikut :


Untuk pencabangan yang melibatkan banyak pilihan, kalau dibandingkan dengan Teknik Pencabangan If --- Then --- Else ---- End If, maka Teknik Pencabangan Select Case lebih efektif.

Selamat Mencoba
Kustiyadi, ST







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.